Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno merinci sederet dampak buruk pelemahan rupiah mendekati Rp17 ribu per dolar AS terhadap pariwisata Indonesia.

“Pelemahan rupiah terus berlanjut. Tentu bagi pariwisata ini ada yang menganggap akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing kita, tapi secara keseluruhan akan berdampak mix cenderung negatif kepada dunia usaha kita,” tuturnya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

Pertama, dampak negatif yang akan muncul adalah kenaikan harga tiket pesawat. Sandi menyebut ini terjadi karena harga avtur akan bergejolak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lonjakan harga tiket pesawat jelas akan berdampak kepada pariwisata tanah air. Sandi menyebut minat turis datang ke Indonesia bisa terganggu.

“Langkah strategisnya tentu kita menyiapkan paket-paket wisata yang bisa lebih terjangkau bagi para wisatawan,” jelas Sandi.

“Paket melukat (di Bali) dengan pemurnian air ini menjadi salah satu yang digemari. Saya memantau banyak peningkatan minat karena sangat terjangkau dari segi harga dan biaya,” sambungnya.

Kedua, ada potensi kenaikan harga atau paket wisata di tanah air.

Sandi mewanti-wanti para pelaku usaha agar tak mengerek paket wisata imbas pelemahan rupiah. Salah satu yang disorot adalah wisata melukat di Bali.

“Mudah-mudahan para pelaku pariwisata tidak menaikkan harganya karena pelemahan rupiah ini, tapi menyesuaikan dengan daya beli masyarakat,” tandasnya.

Pelemahan rupiah terjadi di momen libur lebaran 2024. Ini diperparah ketika perdagangan kembali dibuka sejak Selasa (16/4).

Jatuhnya mata uang Garuda di momen Idulfitri 1445 H dibarengi dengan kekhawatiran Israel diserang. Benar saja, negara Zionis itu dihujani ratusan drone oleh Iran pada Minggu (14/4).

Hujan drone itu terjadi setelah Israel menyerang kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah. Aksi tersebut turut menewaskan beberapa petinggi Garda Korps Revolusi Iran.

Israel bahkan diklaim melakukan serangan balik. Mereka diduga menyerang balik Iran setelah tiga ledakan terdengar di dekat Kota Isfahan pada Jumat (19/4) pagi.

Namun, rupiah sedikit terangkat 23 poin atau plus 0,14 persen ke level Rp16.237 per dolar AS pada Senin (22/4) sore.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *